Minggu, 10 Mei 2020

Sukses dibangun harus dengan modal, betulkah?


Foto : Dokumen pribadi saat seminar di PT.PPS bertempat di Bogor
Foto : Dokumen pribadi saat seminar di PT.PPS bertempat di Bogor

Modal ?
Ya, sukses butuh modal. Kenapa tidak?
Modal atau kita sebut investasi adalah sebuah keharusan untuk pencapaian kesuksesan. 
Investasi untuk sukses terbagi dalam 3 kelompok.

1. Investasi Waktu
Investasi dalam bentuk waktu, merujuk pada pribadi yang mampu untuk meluangkan waktunya dalam menjalani proses untuk pencapaian sukses yang hendak di raih.
Sederhananya, mampu mengalahkan ego akan sifat pemalas, sehingga mengubah kebiasaan buruk yang santai, terkesan membuang-buang waktu di buat menjadi waktu yang produktif, semisal semula tidak rajin belajar menjadi rajin belajar, kebiasaan main game di android diubah menjadi kebiasaan belajar tutorial melalui Android, dll.

2. Investasi Kerja
Tidak ada yang sukses tanpa kerja keras dan kalaupun ada, lebih cepat tumbangnya. Kenapa demikian? Karena tanpa mengalami proses dan kerja keras yang memerlukan waktu tentu bisa banyak celah yang bisa mengakibatkan kehancuran yang mungkin belum tentu bisa bangkit kembali.
Demikian pada saat mau membangun tanpa kerja keras akan banyak tertinggal oleh perubahan jaman dan kemajuan teknologi saat ini.

3. Investasi Uang
Investasi uang saya tempatkan di bagian ke 3, karena saat ini tidak sedikit orang sukses tanpa modal uang. Namun demikian keberanian mengambil resiko dengan berinvestasi menggunakan uang tentu jauh lebih cepat bila di bandingkan tanpa modal uang. Tetapi resiko yang bisa terjadipun hendaknya dipelajari agar tidak prustasi apabila terjadi diluar dari perhitungan.

Bagaimana dengan investasi uang untuk mengikuti pelatihan, seminar atau workshop, apakah berisiko?
Sepengetahuan saya, investasi untuk mengikuti pelatihan, seminar atau sejenisnya, karena tidak begitu besar maka sedikit resiko, bahkan sebetulnya tidak berisiko, karena itu semua berupa pengetahuan atau ilmu yang bisa di manfaatkan sepanjang waktu.

Sebagai kesimpulan, bahwa sukses itu memang butuh modal atau investasi, dan investasinya berupa waktu, kerja atau uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRUE STORY "Guru Tidur di Toilet Sekolah", kok ada ya?

Beberapa tahun yang silam, tepatnya sekitar tahun 1993, ada seorang guru yang masih muda belia, namun penuh semangat dan ingin berkiprah men...