Rabu, 23 April 2014

ESQ-HYPNOPARENTING





Oleh : Ir. Asep Sopandi C.H, C.Ht
Trainer/Motivator LeMT (Leadership energy & Motivation Training
Head Office : Perum Ciharendong B-24 Kuningan 45517 Jawa Barat
Mobile Phone : 087724431968 (Wa)
E-Mail : protelindo72@yahoo.com
Twitter : @LeMTnews

Haruskah ESQ diberikan dalam Pembinaan Anak ?
 Dijaman kebebasan menggunakan teknologi saat ini yang begitu luas menjangkau informasi dari berbagai belahan dunia yang bisa merusak mental dan akhlak anak-anak, peran pembekalan ESQ agar anak memiliki kepribadian yang bisa membedakan benar dan salahnya suatu informasi maupun tindakan yang harus diterima dan dilakukannya.

Kenapa di perlukan ESQ ?
Seorang anak tidak hanya membutuhkan kemampuan kecerdasan Intellegencial (IQ) tetapi sangat dibutuhkan pula Emotional Spiritual Quetient. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesuksesan seseorang dengan IQ nya hanya mampu mencapai 20%, sedangkan dengan kemampuan EQ dapat dicapai kesuksesan hingga 80%, sedangkan dengan SQ seseorang akan memiliki nilai hidup lebih bermakna bahkan bisa mencapai kesuksesan yang haqiqi yaitu kebahagian dunia dan akhirat.

Kenapa harus menggunakan Hypnosis didalam pembinaan anak?
- Mendidik bukanlahlah sekedar pekerjaan rutinitas belaka
- Mendidik bukanlah sekedar menyampaikan informasi
- Mendidik bukan hanya sebatas tahu caranya
- Mendidik bukan bertarget durasi dan materi
- Mendidik menjadi momentum yang menyenangkan
 Mendidik menjadi proses belajar yang dinanti

HYPNOPARENTING (Hypnosis dalam arti keilmuan pembinaan terhadap anak) memiliki tujuan sebagai berikut :
  • Hypnosis sebagai alternatif solusi mendidik secara tepat
  • Memahami cara kerja pikiran-Visualisasi-Sugesti
Mentransformasi kekuatan pikiran bawah sadar
Beberapa langkah yang perlu diketahui dalam Hypnoteaching :

1. NIAT DAN MOTIVASI DALAM DIRI ANDA
Niat merupakan sebuah pondasi dalam pencapaian kesuksesan seseorang, Dengan susah payah/bekerja keras yang dibangun dengan motivasi diri dan niat yang kuat maka kesuksesan akan mudah diraih. Tanpa niat dan motivasi sungguh-sungguh maka akan menjadikan anda seperti saat ini, artinya tidak akan ada perubahan yang luar biasa. Untuk itu, lakukanlah dari sekarang juga bahwa anda siap melakukan perubahan, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

2. PACING
Pacing berarti menyamakan gerak tubuh, bahasa serta gelombang otak dengan orang lain dalam hal ini anak anda. Prinsip dasar dalam pacing adalah manusia cenderung lebih suka berkumpul/berinteraksi dengan sejenisnya/memiliki kesamaan. Sama halnya mencari teman bekerja, bermain bahkan teman dalam berumah tangga (mencari pasangan hidup).

CARA MELAKUKAN PACING PADA ANAK ANDA
• Bayangkanlah anda seusia anak anda pada masa sekarang dan bukan pada saat abda masih sekolah dulu
• Gunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa yang sering digunakan oleh anak anda. Bila perlu gunakan bahasa gaul yang sedang trend dikalangan anak anda saat ini.
• Lakukan gerakan-gerakan dan mimik wajah yang sesuai dengan tema masalah anda
• Sangkutkan tema masalah anda dengan tema-tema yang sedang trend dikalangan anak anda.
• Selalu UPDATE pengetahuan anda dengan tema, bahasa hingga masalah yang sedang ramai saat ini dibicarakan anak-anak anda saat ini.
Dengan melakukan hal tersebut maka tanpa disadari gelombang pikiran anda telah sama dengan anak-anak anda dan akibatnya anak-anak anda akan merasa nyaman dengan anda baik dalam hal obrolan santai maupun bahasan tema masalah yang hendak anda sampaikan.

3. LEADING
Leading berarti memimpin atau mengarahkan setelah dilakukan proses pacing yang telah anda lakukan sebelumnya. Apabila melakukan leading tanpa proses pacing hal itu sama saja melakukan perintah pada anak anda dengan resiko anak anda melakukannya dengan terpaksa dan tertekan. Hal ini bisa berakibat pada penolakan anak anda pada diri anda sebagai orang tua berkaitan dengan tema masalah yang hendak anda sampaikan pada anak-anak.

4. GUNAKAN KATA POSITIF
Pendukung melakukan pacing dan leading yaitu penggunaan kata positif, hal ini sesuai dengan cara kerja pikiran bawah sadar yang tidak mau menerima kata negatif.

5. BERIKAN PUJIAN
Pujian merupakan reward peningkatan harga diri seseorang. Pujian merupakan salah satu cara untuk membentuk konsep diri seseorang. Maka berikanlah pujian pada anak-anak anda khususnya ketika ia berhasil melakukan atau pencapaian prestasi. Dan sekescil apapun bentuk prestasi yang dilakukannya, tetaplah berikan pujian, termasuk perubahan sikap diri yang positif dari sikap yang negative yang dilakukan sebelumnya.

6. MODELING
Modeling adalah proses member teladan melalui ucapan dan perilaku yang konsisten, Hal ini sangat diperlukan dan bahkan menjadi salah satu kunci hypnoparenting


Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRUE STORY "Guru Tidur di Toilet Sekolah", kok ada ya?

Beberapa tahun yang silam, tepatnya sekitar tahun 1993, ada seorang guru yang masih muda belia, namun penuh semangat dan ingin berkiprah men...